Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
isi java script
Hay Sobat,
Nama asli ane Budi Mahendra Permana
Welcome to my blog
I am Indonesian people
saya Ingin sekali jadi orang terkenal :D
Hopefully all useful
Thank you .




Senin, 01 Juli 2013

MEMBUAT PENEMUAN

MEMBUAT PENEMUAN SEDERHANA YANG BISA DIGUNAKAN SEHARI"



Fungsi Kapasitor dan Cara Kerjanya


Fungsi Kapasitor. Lama tidak update disini, kali ini kita akan membahas tentang salah satu fungsi dari parts elektronika yaitu kapasitor.
Fungsi Kapasitor sendiri sebenarnya adalah untuk menyimpan tenaga atau muatan listrik, disamping itu juga disisi fungsi lainnua bisa juga dipergunakan sebagai penyaring atau disebut filter frekuensi. Jadi sebenarnya dari segi konsep dan logika, fungsionalitas parts elektronika yang satu ini yaitu kapasitor adalah sangat dibutuhkan, bahkan sangat vokal kebutuhannya.
Sebuah kapasitas atau muatan untuk menaruh kekuatan kapasitor didalam muatan listrik biasa disebut dengan satuan farad (biasanya ditulis “f” ), sedangkan simbol dari kapasitornya sendri yaitu : “c: (capasitor ), yang menemukan adalah Michael Faraday (1791-1867).
fungsi kapasitor
Apa saja sih isi daleman dari kapasitor? yukk mari kita bahas..  Jadi komponen kapasitor yang ada dipasaran biasanya terbuat dari dua buah bahan lempengan logam yang dimana penempatannya saling sejajar satu sama lain dan di antara kedua logamnya tersebut ada bahan isolator yang sering disebut dengan dielektrik. Kapasitor juga sering disebut sebagai kondensator lohh kao temen temen tahu.
Dielektrik itu apa lagi mas? jadi dielektrik itu adalah bahan yang bisa mempengaruhi nilai/muatan dari sebuah kapasitansi fungsi kapasitor. Terus bahan dielektrik dari apa dong? Kalau sepengetahuan penulis bahan dielektrik yang sangat sering dan sangat banyak di pakai di pasaran adalah keramik, udara, kertas, metal film, gelas, vakum dan lain sebagainya.
Fungsi kapasitor lainnya didalam sebuah rangkaian elektronika salah beberapanya adalah sebagai kopling, filter pada satu rangkaian power supply , penggeser fasa, pembangkit frekuensi pada suatu rangkaian oscilator selain itu juga dipakai untuk menghindari percikan bunga api pada suatu saklar.
Fungsi kapasitor  secara teori terbagi atas 2, yaitu kapasitor dengan kapasitas tetap dan kapasitor dengan kapasitas yang bisa diubah-ubah lebih sering disebut kapasitor variabel.
Trus gimana nih mas cara kerja kapasitor itu sendiri? Jadi didalam suatu rangkaian cara kerjanya dengan mengalirkan elektron menuju kapasitor, kemudian pada saat kapasitor telah terpenuhi oleh elektron, maka tegangan akan mengalami perubahan. Berikutnya, elektron akan keluar dari suatu kapasitor dan selanjutnya mengalir menuju rangkaian yang membutuhkannya. Sehingga dengan demikian, kapasitor itu akan membangkitkan reaktif suatu rangkaian elektronika.
Nah, mudah mudahan penjelasan diatas dapat membantu temen temen yang sedang membutuhkan informasi tentang fungsi kapasitor. Pada akhirnya kapasitor ini akan sangant dibutuhkan di dalam penyusunan sebuah rangkaian elektronika. Demikian.
 

Belajar Elektronika Dasar

Belajar elektronika dasar, pada jaman sekarang tidak perlu harus pergi ke sekolah atau melalalui pendidikan resmi dan diajari oleh guru secara langsung, tapi pada jaman sekarang jaman yang serba modern ini sudah jamannya kita belajar secara mandiri, right?
Kita dapat belajar melalui buku-buku yang telah banyak beredar di toko toko buku sekarang ini, saya ambilkan contoh misalkan saja toko buku Togamas atau toko buku Gramedia. Tetapi menurut pendapat saya secara pribadi yang paling asik adalah mempelajarinya melalui internet dan media online. Karena melaui media internet kita tidak hanya bisa mendapatkan materi  atau ebook yang ingin kita pelajari, tetapi juga bisa berinteraksi dengan bertanya-tanya lebih lanjut untuk memperdalam ilmu baik itu di blog orang lain di forum atau di manapun.
belajar elektronika dasar
Temen temen ynag tertarik untuk belajar elektronika dasar pun jangan lupa mempelajari ilmu ilmu elektronika yang dasar dasar, karena dari sanalah temen temen nantinya akan mengeksplorasi lebih dalam tentang dunia rangkaian ini, setuju? Ada berbagai macam rangkaian aplikatif namun tetap yang sederhana yang temen temen bisa buat untuk yang masih taraf belajar, dan harga komponennya pun tidak terlalu mahal, jadi sangat worthed lah buat temen temen yang pengen belajar. Temen temen bisa search aja di blog ini untuk mendapatkan rangkaian rangkaian yang aplikatif yang murah dan serta panduannya.
Temen temen pasti sudah mengetahuinya kalo dalam belajar elektronika dasaritu temen temen tidak bisa NGOYO saat itu juga bisa mendalami pelajarang elektronika, karena tidak dipungkiripelajaran ini agak susah juga tapi TETEP bisa dipelajari. Itu yang butuh di ingat.hehe, Jadi ketika temen temen mau berusaha bersungguh sungguh ingin bisa mendalamidunia ini temen temen wajib berusaha baik itu belajar baik itu tanya atau sharing dengan kawan lainnya yang temen temen anggap mereka lebih pandai, tentunya dnegan cara ini kalian dapat saling bertukar pikiran dapat saling diskusi untuk membicarakan dunia elektronika ini.
Jadi kalo agak susah ya pantess, tapi kalo dipejarai terus menerus pasti bisa juga mendalami elektronika. Sedikit demi sedikit temen temen harus mempelajari apa itu komponen elektronika misalnya seperti resistor, kapasitor, transistor, dioda dan lain lain yang tidak lain dan tidak bukan adalah komponen standar atau komponen komponen minimal yang harus ada di sebuah rangkaian elektronika, mulai dari rangkaian elektronika sederhana sampai rangkaian elektronika yang sangat kompleks.
Jadi, pada kesimpulannya silahkan buat temen temen yang tertarik mendalami dan belajar elektronika dasar, temen temen tidak harus membeli buku yang amat mahal namun temen temen tetep bisa mendapatkannya melalui media internet, search aja di google . Selain mudah, untuk mencari referensi diinternet juga murah. Sekian artikel belajar elektronika dasar ini, mudah mudahan bisa bermanfaat untuk temen temen pembaca sekalian. 

Fungsi Transistor Beserta Contohnya

Fungsi Transistor.Mari kita bahas satu persatu.
Pertama-tama, transistor adalah sebuah komponen semikonduktor. Fungsinya adalah sebagai penguat, juga sebagai pemutus dan penyambung (sering disebut sebagai saklar), juga digunakan untuk stabilisasi tegangan, untuk modulasi sinyal dan bebagai fungsi transistor lainnya. Transistor ini juga bisa berguna untuk menjadi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET), maka akan dimungkinkan pengaliran listrik yang sangat sangat akurat dan presisi dari sirkuit sumber listriknya.

fungsi transistor
Ada beberapa macam fungsi alat ini, salah satunya yaitu sebagai saklar. Macam macam fungsinya akan saya bahas pada artikel kali ini, mudah mudahan dalam bahasa penyampaian saya dapat dengan mudah dipahami oleh rekan rekan sekelian ya.
Khusus untuk artikel yang membahas fungsi transistor sebagai saklar, bisa temen temen baca di link ini.  Kemudian yang kedua adalah Fungsi transistorsebagai  penguat arus.
Berdasarkan salah satu fungsi ini maka menjadikan transistor bisa digunakan didalam rangkaian power supply yang tegangannya diatur. Didalam kondisi tersebut transisor haruslah terlebih dahulu dibiaskan dengan tegangan yang konstan yang terdapat pada basisnya, tujuannya adlah agar pada emitor menghasilkan tegangan yang cukup tetap serta stabil. Penggunaan pada umumnya yang dipakai untuk mengontrol tegangan basis agar tetap adalah dioda zener.
Fungsi transistor berikutnya adalah untuk menguatkan sinyal AC. Untuk pemakaian transistor yang digunakan sebagai penguat sinyal maka digunakan beberapa macam teknik pembiasan basis transistor. Dalam bekerja sebagai penguat sinyal AC, transistor akan dikelompokkan menjadi beberapa jenis penguat, yaitu untuk penguat kelas A, penguat kelas B, penguat kelas AB, dan penguat kelas C.
Itulah pembahasan ringkas mengenai fungsi transistor.  Mudah mudahan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan temen temen dibidang elektronika, dan nantinya akan menjadi master elektronika dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari..

Materi Elektronika Dasar

Materi elektronika dasar. Dari pengalaman yang sudah sudah (bahkan pengalaman saya pribadi saat kuliah) salah satu mata kuliah yang menjadi momok bagi mahasiswa Jurusan Teknik di salah satu kampus swasta di Bandung adalah mata kuliah dengan materi elektronika dasar. Kenapa saya bilang demikian? Karena dari taun ke taun dari jaman ke jaman, statistik nilai yang keluar dari mata kuliah ini sangatlah jelek, mungkin bisa dikatakan yang mendapatkan nilai bagus hanya sekitar 20% bahkan kurang.hehe
Materi elektronika dasar selain banyak, adalah materinya yang menuntut untuk para mahasiswa belajar berlatih secara terus menerus dan lebih sering diskusi dengan teman temannya.
Mungkin yang menjadi salah satu penyebab rendahnya nilai mahasiswa di matkul ini adalah kemungkinan disebabkan oleh ketakutan mahasiswa dan mitos kalo matkul ini memang sulit atau karena memang mahasiswanya yang jarang blelajar. Untuk membantu temen temen mahasiswa belajar materi elektronika dasar, berikut ini saya coba memberikan referensi link untuk mendownload beberapa materi yang terkait dengan materi kuliah ini yang didapatkan dari berbagai sumber alias googling.. hehe
materi elektronika dasar
Download Materi
Silahkan download di url berikut ini ya temen temen (copy paste aja ke address bar browser temen temen).
http://www.ziddu.com/downloadlink/8894870/eldas.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/8894860/24ElektronikaDasar.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/8894557/modulI.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/8894567/modulIi.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/8894595/modulIii.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/8894608/modulIv.pdf
http://www.ziddu.com/download/8894625/modulV.pdf.html
http://www.ziddu.com/download/8894735/modulVI.pdf.html
http://www.ziddu.com/downloadlink/8894807/modulvii.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/9370253/SaklarElektronik.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/9452939/Labsheet%20Elektronika%20Penyearah%20Gelombang.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/9452938/Labsheet%20Elektronika%20Saklar%20Elektronik.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/9452937/Labsheet%20Elektronika%20Penguat.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/9452936/Labsheet%20Elektronika%20Opamp.pdf
http://www.ziddu.com/downloadlink/9452935/LabsheetElektronika5.pdf
http://chosyi.edublogs.org/files/2007/05/semikonduktor.ppt
http://chosyi.edublogs.org/files/2007/05/penyearah-dioda.ppt
http://chosyi.edublogs.org/files/2007/05/dioda-aplication.pdf
http://chosyi.edublogs.org/files/2007/05/dioda.ppt
http://docs.google.com/fileview?id=0B4saSDWTA5RbOTkzNTViYzctNjBmOC00NDA5LWI4ODMtZDU1MzNhN2VhYTAy&hl=en
http://chosyi.edublogs.org/files/2007/05/daerah-operasi-transistor.ppt
http://chosyi.edublogs.org/files/2007/05/transistor-bipolar.ppt
http://chosyi.edublogs.org/files/2007/05/penguat-operasional.ppt
Dengan adanya media internet sekarang ini diharapkan temen temen mahasiswa mau berperan aktif untuk belajar secara mandiri baik itu untuk belajar secara offline seperti di perpustakaan kampus ataupun belajar mandiri secara online cari bahan materi elektronika dasar di internet seperti yang sudah saya paparkan di link diatas.
Sedikit tips dari saya pribadi,  sebelum belajar materinya alangkah baiknya jika temen temen sudah mempunyai SAP pembelajarannya. Jadi temen temen bisa focus tentang materi apa saja yang akan dipelajari. Daftar SAP juga sudah saya lampirkan linknya diatas, jadi temen temen tinggal mendownload dengan mudahnya, betul?
Mudah mudahan daftar link materi diatas dapat berguna untuk teman teman yang sedang mrmbutuhkan. Biar makin pinter tiap hari jangan lupa baca materi elektronika dasar yaah, biar nanti bisa jadi master di  dunia elektronika.


0 komentar: